Jumat, 27 Juli 2012

PENGOBATAN AYURVEDA --- SELF HEALING (3)



Sistem pengobatan Ayurveda memahami tubuh tiap orang itu unik dan butuh perlakuan khusus.

Dr Swami Shankardev Saraswati, pakar yoga dari Mangrove Mountain, New South Wales mengatakan, Ayurveda adalah metode penyembuhan diri yang luar biasa.

Misalnya, jika Anda menderita gangguan pencernaan atau mudah terinfeksi, pelaku ajaran Ayurveda tidak hanya akan mengobati infeksinya dan gangguan pencernaan. Mereka juga akan mengatur perilaku Anda. Mereka akan menentukan perubahan gaya hidup yang sesuai dengan Anda untuk memulihkan keseimbangan dan kekuatan tubuh sehingga bebas dari penyakit.

Ayurveda membedakan kekuatan utama hidup (tubuh-pikiran-jiwa) dalam tiga jenis atau dosha: yaitu vata, pitta, dan kapha.

Mengetahui dosha adalah tahap terpenting untuk membantu Anda memilih makanan yang terbaik sesuai terapi Anda.

Sesuaikanlah tipe tubuh Anda dengan tabel dibawah ini untuk membantu mengetahui dosha Anda. Umumnya, tiap orang adalah kombinasi dari dua dosha, hanya sebagian kecil yang kombinasi dari ketiganya.



• VATA

Bentuk badan kurus, berat badan sulit naik, wajah lonjong, mata kecil, kulit kering, rambut kering, keriting, dan kasar, moody, pola tidur tak menentu, dan sulit tidur nyenyak.


Terapi self healing:

Perbanyak makanan kaya protein dan mineral, seperti pisang, alpukat, plum, aprikot, sayuran yang direbus tidak terlalu lama, kacang merah, kacang tanah, kedelai, susu kedelai, tahu, telur setengah matang, white meat (ikan, ayam), danging sapi, dan daging kambing.

Kurangi makanan beku, gula putih, rempah-rempah, kopi, teh kental, cokelat, makanan-makanan mentah, makanan yang beraroma tajam, makanan pedas, makanan pahit.

Tips gaya hidup:
Vata cenderung membuang terlalu banyak energi. Hilangkan kebiasaan itu dengan melakukan kegiatan rutin. Pastikan Anda menyisakan waktu untuk santai dan perkaya diri Anda dengan makan bergizi dan manjakan diri dengan pijat.




• PITTA

Bentuk badan sedang, tubuh mudah gemuk, wajah berbentuk hati, kulit berminyak dan berwarna semu merah, rambut lembut, lurus, mudah diatur, dan berminyak, selera makan tinggi dan pola tidur baik.


Terapi self healing:

Konsumsi makanan segar, seperti buah mentah dan manis, termasuk beri, ceri, plum, sayur-sayuran hijau, sayur-sayuran pahit atau manis (seperti asparagus, brokoli, kacang polong, seledri, dan mentimun), padi-padian segar, gandum, beras putih, kue beras, roti, pasta, white meat, produk-produk susu, putih telur, sirup maple, gula, rempah-rempah (seperti ketumbar, jintan, pala, dan mint).

Kurangi buah-buahan asam, bawang, bawang bombay, bawang putih, rempah-rempah pedas, tomat, terung, gula bit, kuning telur, daging merah, kacang-kacangan, cokelat, kopi, teh, red wine.


Tips gaya hidup:

Pitta cenderung hangat dan bersemangat. Sering-seringlah melakukan aktivitas yang dapat membuat Anda merasa senang. Peliharalah ketenangan dengan berendam dalam air hangat atau berenang. Hindari terpapar sinar matahari terlalu lama.




• KAPHA

Bentuk badan gemuk, berat badan cepat naik, wajah bulat, kulit pucat, rambut tebal, mengkilat, bergelombang, berminyak, hobi ngemil, dan tukang tidur.


Terapi self healing:

Perbanyak konsumsi pilihan buah, seperti stroberi, apel, pir, ceri, buah-buahan yang dikeringan, seperti prem, aprikot, pir yang dikeringkan, salad dan aneka sayuran, termasuk sayur-sayuran pahit dan beraroma tajam (seperti lobak dan bawang, wortel, jagung, dedaunan hijau), padi-padian yang zat besinya tinggi (seperti jagung, oat, gandum, ikan dan daging putih, kacang merah), buncis yang dikeringkan (seperti kacang polong), produk-produk dari kedelai dalam jumlah yang tidak berlebihan, makanan pedas.

Kurangi makanan dan minuman dingin, buah-buahan terlalu masam dan terlalu manis, akar-akaran, produk-produk susu, kacang-kacangan dan biji-bijian, makanan berat dan kaya lemak, minyak, mentega, garam, gula dan pemanis buatan.

Tips gaya hidup:
Kappa cenderung kaku dan menyimpan terlalu banyak energi. Sering-seringlah bergerak. Sehingga energi Anda tidak menumpuk menjadi lemak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar