Minggu, 08 Juli 2012

Cara Pintar Menjaga Kesehatan Ginjal

ginjal
 www.kabarinews.com
Jaga kesehatan ginjal Anda sebelum terlambat…

Ginjal, adalah organ vital yang berperan besar dalam mengontrol metabolisme tubuh. Ginjal juga berfungsi sebagai kelenjar endokrin yaitu penghasil hormon yang sangat penting untuk pembentukan sel darah merah, mengatur tekanan darah juga pembentukan tulang.
Bila ginjal tidak berfungsi (gagal ginjal), sisa metabolisme yang tidak dikeluarkan tubuh akan menjadi racun bagi tubuh sendiri. Racun ini akan menimbulkan keluhan mual, muntah, sakit kepala hebat sampai penurunan kesadaran.
Cairan yang tidak bisa keluar dari tubuh akan menyebabkan terjadinya penumpukancairan di seluruh rongga tubuh sehingga terjadi sembab dan sesak napas. Bila tidak diatasi segera orang mengalami gagal ginjal akan menimbulkan kematian.
Cara sederhananya, ginjal bisa dijaga dengan pola hidup sehat. Berhenti mengkonsumsi makanan atau obat yang menimbulkan efek samping.
Berikut ini ada cara pintar menjaga ginjal :
Perhatikan pencernaan
Perbanyak makan serat, yang bisa diambil dari sayuran dan buah-buahan. Cara ini baik untuk menjaga pencernaan dan juga mengurangi pestisida yang ada pada makanan.
Sesuaikan pola makan
Perhatikan pola makan Anda dengan makanan sehat. Hindari minuman soda terutama yang mengandung sirop jagung. Hindari makanan olahan, batas garam, ganti daging berlemak tinggi dengan ikan atau daging tanpa lemak.
Stop konsumsi obat pereda nyeri
Jika Anda tidak terlalu memerlukannya, hindari mengkonsumsi obat pereda nyeri, juga obat-obatan jenis nonsteroid atau NSAID. Atasi nyeri dengan cara alami, misalnya pijit dan akupuntur.
Olahraga denganteratur
Jangan malas berolahraga. Jalan kaki 4-5 kali seminggu cukup untuk membantu menjaga kesehatan jantung yang baik untuk ginjal Anda.
Rutin cek kesehatan
Rutin mengkontrol gula darah, tekanan darah dan kolesterol, ini berguna untuk mengetahui sejauh mana kondisi kesehatan Anda.
Stop merokok
Hasil studi American Physiological Society tahun 2007 menyimpulkan bahwa nikotin merupakan faktor utama yang menyebabkan gangguan ginjal.
Hindari Alkohol
Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah, salah satu masalah yang bisa berujung pada gangguan ginjal. Juga membuat orang sering berkemih (kencing) sehingga beresiko mengalami dehidrasi.
Perbanyak air putih
Minum sedikitnya 6-8 gelas air putih sehari.


Salam Sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar