Sabtu, 02 Juni 2012

Kopi, Sahabat atau Musuh ?

Bagi sebagian orang kopi adalah sahabat terdekat yang dimiliki, tak ada kopi rasanya tak bersemangat, ibarat telah kehilangan taji, benarkah demikian?. Dan bagi sebagian orang lainnya kopi adalah musuh?

Jadi sebenarnya gimana baiknya ya ? jangan sampai diharap menjadi sahabat eh malah jadi musuh dalam tubuh, berikut pemaparan kopi secara singkat:
  .   Apa saja yang dikandung kopi?
Kopi mengandung sekitar 800 senyawa kimia, tapi yang paling populer ditelinga kita adalah “KAFEIN” lalu apa yang membuat KAFEIN ini menjadi sangat istimewa? 
Kafein ini selain didapatkan pada kopi juga dapat ditemukan pada minuman teh, coklat, dan cola.
Kafein mengaktifkan otak dan sistem saraf dengan cara mengstimulasi sehingga dapat menimbulkan rangsangan terhadap otak, pernafasan, dan sistem pembuluh darah dan jantung. Jadi 3 sistem utama tubuh kita yang dirangsangnya, positif kah atau sebaliknya?
      Kapan kopi menjadi sahabat?
Kopi menjadi sahabat ketika Kafein yang dikandungnya memberikan dampak positif dalam tubuh. Karena efeknya dengan cara menstimulasi maka yang akan kelihatan setelah minum kopi adalah badan menjadi lebih segar dan bergairah, daya pikir dan konsentrasi meningkat, tidak mudah lelah atau mengantuk. Ternyata para ahli atau intelektual dunia pada suka minum kopi loh...... dengan kinerja yang maksimal kafein juga dapat melancarkan peredaran otak
Fakta lain dari kopi:
  • Kopi sebagai penangkal radikal bebas dari kandungannya “Fenol” fenol adalah sejenis senyawa yang berfungsi menangkal radikal bebas dalam tubuh (riset skala besar yang dilakukan pada 80 ribu orang selama 18  tahun di AS, telah membuktikan bahwa Kafein dapat menangkal radikal  bebas dan menghancurkan molekul yang dapat merusak sel DNA)
  • Kopi sebagai anti DM type 2, banyak fakta yang telah memberikan gambaran bahwa bagi penggemar dan rutin minum kopi menurunkan risiko mengidap penyakit Diabetes Millitus atau DM, senangnya bisa terhindar dari DM! Memang saat ini secara eksplisit belum diperoleh informasi yang akurat kandungan mana dari kopi yang menurunkan risiko menderita DM. Saat ini para pakar lagi ramai-ramai meneliti...
  • Kopi sebagai terapi penyakit asma, benarkah? Fakta ini mungkin didasarkan pada konsep bahwa kopi mempunyai efek sebagai bronchodilator atau dapat memperlebar saluran pernafasan, sungguh ajaibnya minum kopi.
  • Dan masih banyak lagi fakta2 lain yang membuat kita semakin ingin menikmati kopi
 
Kapan Kopi menjadi musuh?
Nah ini dia, apa aja yang membuat kopi dimusuhin orang. Ini karena efeknya yang menstimulasi kerja otak, sistem pernafasan, dan sistem pembuluh darah dan jantung sehingga sudah tentu menjadi musuh besar bagi mereka yang mempunyai masalah kesehatan dari sistem tersebut. Jika anda perokok, menderita hipertensi, menderita stroke dan penyakit jantung berhati-hatilah karena kopi dapat mempercepat kepulangan anda atau dapat memperpendek usia. Beberapa penelitian menunjukkan minum kopi terlalu banyak juga dapat meningkatkan kadar kolesterol darah dan meningkatkan risiko terjadinya osteoporosis atau kerapuhan tulang. 
sumber :  sehatqi

Ah ternyata selain banyak manfaatnya, kopi juga bisa berbahaya bagi tubuh kita tergantung dari jumlah kopi yang kita minum atau bagi orang yang mempunyai riwayat kesehatan.

Salam Sehat
Memperkenalkan Kopi Brian 
Paduan citarasa yang sempurna antara Ginkgo Biloba, Ginseng kualitas terbaik dan kopi pilihan dengan pemanis madu asli membuat siapa saja yang menikmati akan merasakan khasiat sepanjang hari, Kopi Brian disajikan dengan citarasa serta aroma istimewa yang siap dihidangkan kapan saja dan jika diminum di pagi hari dapat membantu memperlancar buang air besar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar