Rabu, 12 September 2012

Latihan Pernapasan untuk Bantu Merampingkan Perut

Jakarta - Berolahraga rutin merupakan cara yang paling sering dianjurkan agar mendapatkan berat badan ideal selain diet. Namun hasil dari olahraga dan diet sehat dalam melangsingkan badan bisa lebih maksimal jika diikuti dengan latihan pernapasan.

Latihan pernapasan atau yang lebih dikenal dengan Oxycise tidak hanya membantu menurunkan berat badan tetapi juga sangat efektif untuk membentuk perut. Latihan ini tidak memerlukan biaya dan seorang personal trainer untuk mendampingi. Apa saja jenis-jenis Oxycise? Simak uraiannya berikut ini, seperti dikutip dari Bold Sky.

1. Bernapas Dalam-dalam
Ini adalah jenis Oxycise yang paling mudah dilakukan. Anda hanya memerlukan waktu antara 15-20 menit setiap harinya. Menarik napas dalam-dalam dapat meningkatkan asupan oksigen yang dapat membantu membakar kalori. Selain itu dengan menghirup banyak oksigen, Anda dapat mengontrol hormon stres bahkan sangat membantu dalam mengendalikan nafsu makan.

Posisikan diri Anda duduk tegak dengan tangan ditaruh di pangkuan, kemudian tutup mata. Bermeditasilah selama 2-4 menit dengan bernapas normal. Setelah itu mulai mengambil napas dalam-dalam. Selama menghirup, hitung 1 sampai 4 dan saat menghembuskan napas hitung hingga enam. Ulangi selama 10-15 menit dan Anda akan memperoleh tubuh yang lebih segar dan rilaks.

2. Latihan Pernapasan Bellow
Oxycise yang juga dikenal dengan latihan pernapasan stimulan ini akan meningkatkan energi dalam tubuh sehingga Anda akan tetap aktif sepanjang hari. Duduk tegak di kursi, tutup mulut Anda dan bersantailah. Setelah itu tarik dan hela napas dengan cepat. Bernapas dengan cepat yang menekan paru-paru, dada dan perut akan membantu Anda mengecilkan lingkar pinggang. Lakukan latihan ini minimal 15 menit setiap harinya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Pernapasan dari Perut
Menekan otot perut adalah fokus dari Oxycise yang satu ini. Agak mirip dengan latihan pernapasan pada yoga (pranayama), berlutut menjadi posisi untuk melakukan pernapasan perut. Gunakan bantal sebagai tumpuan lutut dan pastikan posisi Anda tetap tegak. Setelah itu pejamkan mata dan jaga tubuh tetap santai. Hitung sampai 10 dan kemudian mulai bernapas dalam-dalam, tahan selama 2 hitungan dan kemudian hembuskan sepanjang 5 hitungan. Ulangi pernapasan perut ini sebanyak 10 kali.

sumber : wolipop.detik.com (hst/kik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar