Selasa, 25 September 2012

6 Kebiasaan Buruk Bersama Pasangan yang Buat Tubuh Semakin Gemuk

Jakarta - Setiap wanita tidak ingin tubuhnya memiliki berat badan yang berlebihan. Mereka melakukan berbagai macam latihan serta menjaga pola makan untuk mengecilkan lingkar pinggang. Namun terkadang, usaha menguruskan tubuh sering tidak berhasil karena kebiasaan buruk yang sering dilakukan ketika bersama pasangan.

Menurut beberapa penelitian, wanita yang punya kekasih bahkan sudah menikah, berat badannya lebih mudah naik daripada wanita single. Penelitian itu menunjukkan bahwa lingkungan sekitar bisa menambahkan lemak dalam tubuh apabila pasangan mempunyai kebiasaan yang buruk.

Kebiasaan seperti apa yang dapat merusak program diet Anda? Dilansir dari Health Me Up, berikut penjelasannya.

1. Pria Senang Nonton Pertandingan Sambil Ngemil atau Minum
Setiap menonton pertandingan olahraga di televisi, pria suka mengambil camilan ditambah bir sebagai pelengkap. Umumnya, pria mengambil makanan ringan yang mudah dijangkau tanpa memikirkan makanan tersebut sehat atau tidak. Selain itu, satu botol bir mengandung 150 kalori. Kebiasaan pria bisa menular bila Anda tidak pandai mengontrol diri. Makanya, coba cari camilan sehat yang dapat dikonsumsi bersama ketika menemani si dia nonton pertandingan. Gantikan bir dengan jus untuk menjaga kesehatan Anda dan pasangan.

2. Wanita Suka Ngemil Pada Siang Hari
Mungkin hampir setiap siang Anda selalu menyiapkan makanan ringan ketika sedang berdua pasangan atau saat sedang bekerja. Untuk menjaga berat badan yang seimbang, pilihlah camilan sehat, seperti kacang, buah-buahan, dan biji-bijian. Kemudian, atur jadwal makan dan tetap mengontrol porsinya ketika mengonsumsi makanan ringan bersama pasangan.

3. Pria Lebih Suka Makan French Fries daripada Sayuran
Beberapa studi mengungkapkan bahwa pria lebih suka makan kentang goreng daripada sayuran. Mereka berpikir kalau protein dan karbohidrat sehat untuk tubuh dan tidak begitu mementingkan asupan seratnya. Akan tetapi, para pakar diet dan dokter menyarankan kalau sayuran, gandum, serta buah-buahan penting ditambahkan dalam menu Anda dan pasangan supaya tidak merusak program diet yang sedang dijalani.

4. Wanita Selalu Tambahkan Dessert ke Dalam Menu
Wanita cenderung memesan atau membuat makanan pencuci mulut setelah makan 'berat' bersama pasangan. Agar tubuh tidak semakin 'melebar', sebaiknya Anda pilih makanan penutup yang sehat, seperti dark chocolate atau buah-buahan. Anda pun bisa membuat dessert spesial untuk pasangan, misalnya potong buah-buahan, tambahkan sedikit yogurt atau selai kacang buatan sendiri. Bila Anda sedang makan di restoran, pancake merupakan penutup yang sehat dengan beberapa kacang dan saus sebagai topping-nya.

5. Pria Makan Dalam Porsi Besar
Hampir semua pria makan dalam porsi besar. Jangan sampai hal itu mempengaruhi Anda sehingga tidak dapat mengontrol porsi makan. Saat sedang makan bersama si dia, pikirkan pola makan sehat yang tidak membuat tubuh bertambah gemuk. Ingat, pembakaran kalori dalam tubuh wanita 16 persen lebih sedikit daripada pria.

6. Wanita Selalu Ingin Makan Malam Romantis Setelah Nonton Film
Apakah Anda tahu kalau makan malam setelah nonton film bisa menggagalkan program penurunan berat badan? Saat menonton, tidak menutup kemungkinan kalau Anda dan pasangan mengonsumsi popcorn dan minuman bersoda. Setelah itu, Anda pergi makan malam bersama di sebuah restoran. Hal ini akan menambahkan lemak jenuh dan kalori yang tidak diperlukan oleh tubuh. Makanya, coba mengganti rencana kencan kalian, misalnya makan malam romantis di sebuah restiran kemudian jalan-jalan berdua ke taman. Selain bisa bermesraan, jalan-jalan dapat mengatasi masalah berat badan.

(eny/eny)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar