Senin, 05 November 2012

Manfaat Kunyit



Dia memiliki beberapa nama, misalnya kunir, koneng temen, koneng, temu kuning, biasanya di Kalimantan disebut kalesiau, sedangkan di Sumatra bisa dipanggil jiten atau kunir, dan di Sulawesi disebut sebagai Nuyik. Dan di Inggris biasa dipanggil Tumeric, sedangkan nama Latinnya adalah Cucurma Longa

Kunyit ini bisa digunakan sebagai penyedap dan pewarna kuning dalam makanan. Kukurmin banyak digunakan sebagai penguat rasa pada industri makanan.
Bagian yang biasanya digunakan untuk herbal adalah rimpang. Efek herbal yang bisa dimanfaatkan adalah menjaga stamina, hepatoprotektor, diuretik, antioksidan, antiradang, imunomodulator, dan antikanker.
Rimpang kunyit digunakan untuk menurunkan tekanan darah, obat malaria, obat cacing, obat sakit perut, memperbanyak ASI, stimulan, mengobati keseleo, memar dan rematik. Rimpang bersifat inflamasi, antihiperkolesterolemia, antioksidan, antiproliperatif, dan antitumor. Selain itu juga bisa digunakan untuk meredakan batuk dan antikejang. Pemberian kunyit bersama obat atau bahan lain juga menimbulkan interaksi tertentu. Kunyit meningkatkan aktivitas obat antikoagulan atau mengurangi penggumpalan sehingga dapat menyebabkan meningkatnya resiko perdarahan.
Kukurmin dalam rimpang kunyit juga bekerja sebagai antibakteri, mematikan kuman dan menghilangkan rasa kembung. Kukurmin merangsang kerja dinding empedu untuk mengeluarkan lebih banyak cairan pemecah lemak. Minyak atsiri dalam kunyit juga berfaedah mengurangi gerakan usus sehingga kunyit juga berlaku sebagai antidiare.

Salam Sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar